Umum

Pameran Alutsista Dekatkan TNI Dengan Masyarakat

Masyarakat antusias mengunjungi pameran Alutsista di Lapangan Udara TNI AL Tanjungpinang

TANJUNGPINANG (Ficomtv.co.id) – Salah satu upaya TNI mendekatkan diri dengan masyarakat, yaitu dengan menggelar Pameran alat utama sistem senjata (Alutsista) di halaman pangkalan udara TNI AL (Lanudal) Kota Tanjungpinang, mulai tanggal 5 hingga 7 Oktober 2018.

Pameran alutista adalah bagian dari rangkaian peringatan HUT TNI RI Ke-73 yang diperingati pada Jumat 5 Oktober 2018, oleh seluruh jajaran TNI dari Sabang sampai Merauke.

Berbagai alat utama sistem senjata canggih yang dimiliki TNI dipamerkan dalam kesempatan tersebut. Seperti Helikopter NV 409, Cassa NC 212 200 P 8201, Meriam m1939 52- K anti aircraft, Replika KAL Mapor II 4 64 dan KRI Lepu 86, Senapan perang, Swa raider rigit inflatable boat, dan sebagainya.

Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut Lantamal IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno menyampaikan, pameran alutsista ini sebagai bentuk akuntabilitas sekaligus pertanggungjawaban TNI terhadap uang rakyat yang dibelanjakan.

“Masyarakat harus tahu, alutsista itu dibeli dengan uang rakyat. Ini milik rakyat bukan TNI,’’ kata Eko Suyatno, ditemui di pangkalan Lanudal Kota Tanjungpinang, Sabtu (6/10).

Lanjut Eko Suyatno, pameran alutista tersebut, dapat dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya generasi muda, untuk menambah wawasan tentang alat, senjata perang berikut fungsinya.

“Apalagi anak-anak kita, tentu mereka tertarik ingin tahu apa itu helikopter, pesawat, senapan perang dan lain-lainnya,” imbuhnya lagi.

Pantauan Ficomtv.co.id, sejak dibuka pada Jumat hingga Sabtu pagi, ratusan masyarakat Kota Tanjungpinang dan sekitarnya. Mulai dari pelajar, mahasiswa, remaja, dewasa hingga orangtua terlihat berbondong-bondong mengunjungi pameran alutsista TNI.

Mereka nampak begitu antusias melihat satu persatu senjata yang dipakai TNI. Momentum ini pun dimanfaatkan untuk berselfie, ada juga yang mencoba menggunakan sejumlah peralatan dan senjata yang terpajang di dalam pameran tersebut. Seperti bergaya sembari memegang senapan perang maupun saat menaiki helikopter.

Setiap alat dan senjata yang dikunjungi para pengunjung mendapatkan penjelasan dan bimbingan langsung dari para prajurit TNI.

“Banyak pengetahuan yang saya dapatkan setelah berkunjung ke pameran alutsista ini. Kami bangga dengan TNI. Semoga mereka selalu diberikan keselamatan dalam menjalankan tugasnya,” ucap Indri, salah seorang mahasiswa di Tanjungpinang.

Walikota Tanjungpinang, Syahrul mengapresiasi pameran alutsista yang dilaksanakan TNI, karena menurut Syahrul, alutsista menjadi tolak ukur kekuatan TNI dalam menjaga wilayah Provinsi Kepri, terutama NKRI.

Selain itu, merupakan sarana untuk memberikan informasi kepada masyarakat, mengenai alutsista yang digunakan TNI saat menjalankan tugas di lapangan.

“TNI bertanggung jawab menggunakan alutista, dan masyarakat pun berhak tahu alutsista itu sendiri seperti apa. Ini bisa menumbuhkan semangat bela negara di dalam diri kita masing-masing,” ucap Syahrul.

Selain pameran alutsista, rangkaian HUT TNI ke 73 turut dimeriahkan dengan festival band pelajar se Kota Tanjungpinang, lari gembira, sepeda santai dan aksi social berupa penggalangan dana bantuan bagi korban gempa dan tsunami di Donggala-Palu, Sulawesi Tengah.

“Meski tengah merayakan ulang tahun, tapi jajaran TNI AL, AD dan AU juga tidak lupa untuk menggalang bantuan bagi saudara-saudara kita di Sulteng. Kami targetkan dana yang terkumpul mencapai ratusan juta rupiah,” pungkasnya.

Di usia ke 73, Prajurit TNI dituntut profesional

Dalam perayaan HUT TNI Ke 73 tahun ini, Tentara Nasional Indonesia juga dituntut untuk meningkatkan profesionalitas dalam menjalankan tugas sebagai benteng pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

“Sesuai motto HUT TNI, profesionalisme TNI untuk masyarakat, apa yang kita lakukan, yang kita kerjakan semua untuk rakyat. TNI dan rakyat tidak terkalahkan. TNI dari rakyat dan untuk rakyat,” kata Komandan Korem 033/WP Brigjen TNI Gabriel Lema, usai melaksanakan Upacara Peringatan HUT TNI ke 73, di lapangan Bandara RHF Tanjungpinang, Jumat.

Gabriel Lema menambahkan, berdasarkan sambutan TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto pada Upacara Peringatan HUT TNI Ke 73. “Profesionalisme TNI Untuk Rakyat” mengandung makna bahwa prajurit TNI senantiasa meningkatkan profesionalisme melalui pendidikan, latihan, persenjataan, alutsista untuk Kepentingan seluruh rakyat Indonesia.

“TNI senantiasa selalu dipagari oleh doktrin Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, sekaligus merupakan napas bagi seluruh Prajurit yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” kata Hadi.

Profesionalisme TNI, ujar Panglima TNI, diwujudkan dalam pelaksanaan operasi, latihan dalam mendukung tugas pokok menegakkan untuk kedaulatan Negara, mempertahankan keutuhan wilayah serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala ancamandan gangguan.

“TNI bertekad untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta menjadi benteng bagi keutuhan NKRI. Tingkatkan soliditas TNI dan kemanunggalan TNI dengan raktyat agar selalu menjadi pemersatu dan perekat bangsa,’’ ujarnya.

“Mantapkan netralitas TNI, jangan terpancing emosi dan upaya-upaya melibatkan diri dalam mendukung kelompok tertentu selama pelaksanaan pentahapan pemilu. Tingkatkan sinergisitas TNI, Polri, pemerintah daerah dan komponen lain,” pungkas Panglima TNI.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Kepri, Nurdin Basirun mengungkapkan, tantangan tugas institusi TNI ke depan semakin berat. Salah satunya menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 mendatang.

Oleh karena itu, Ia menekankan sinergitas TNI-POLRI yang sudah terjalin dengan sangat baik selama ini, harus menjadi modal penting saat menghadapi tantangan-tantangan tersebut.

“Saya yakin tantangan itu bisa ditaklukan ketika TNI-POLRI semakin merapatkan barisan dan tetap menjaga kekompakan satu sama lain. Apalagi kesuksesan pengamanan Pilwako Tanjungpinang April 2018 lalu adalah modal utama menghadapi Pemilu 2019 nanti,” kata Nurdin. Ogen Ficomtv.co.id

Editor : Rakhmat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *